);

ASCON Container — Anda yang bergerak di industri besar tak akan asing dengan penggunaan kontainer alias peti kemas. Perangkat satu ini adalah sebuah media penyimpanan yang digunakan dalam proses pemindahan barang.

Dalam ikhtisar sederhana, orang bahkan kadang juga menyebutnya sebagai gudang yang berbahan baja. Peti kemas digunakan untuk menyimpan barang dan dapat diangkut dengan moda transportasi air, darat maupun udara sejak era 1950-an.

Pada mulanya, peti kemas diangkut dengan menggunakan kapal tanker. Pada tahun 1960, peti kemas masuk ke dalam rute perdagangan internasional, diangkut kapal kargo dari New York ke Venezuela.

 

Karakteristik dan Jenis-Jenis Kontainer

Standar Container Secara Umum

Berat maksimum peti kemas muatan kering 20 kaki adalah 24.000 kg, dan untuk 40 kaki (termasuk high cube container), adalah 30.480 kg. Sehingga berat muatan bersih/payload yang bisa diangkut adalah 21.800 kg untuk 20 kaki, 26.680 kg untuk 40 kaki.

Peti kemas menpunyai karakteristik yang kuat, tahan cuaca dan dapat dipakai berulang ulang dengan bongkar muat yang cepat dan jaminan safety yang luar biasa serta saat ini dilengkapi dengan electronic seal untuk kemudahan pengawasan (tracer). Sistem inilah yang membuat peti kemas memungkinkan untuk melakukan pengangkutan dengan sistem door to door.

Jenis-jenis Kontainer

Mengacu pada standar internasional ISO, ada beberapa jenis peti kemas seperti yang termuat di bawah ini:
General Cargo Container adalah Peti Kemas yang dipakai untuk mengangkut muatan umum (General Cargo). Peti kemas yang termasuk dalam general cargo adalah :

a. General purpose Container

Peti kemas yang digunakan untuk mengangkut kargo berupa barang-barang yang tidak mempunyai spesifikasi khusus ataupun penanganan khusus dapat menggunakan peti kemas jenis ini.

b. Open Side Container

Peti kemas ini mempunyai pintu di salah satu sisinya. Dipakai untuk mengangkut kargo yang mempunyai ukuran yang melebar, seperti misalnya kargo berupa mesin industri.

c. Open Top Container

Peti kemas ini mempunyai bagian atas yang bisa dibuka. Digunakan untuk kargo yang mempunyai tinggi ukuran yang melebihi dari tinggi peti kemas.

d. Ventilated Container

Peti kemas ini mempunyai ventilasi di sisi-sisinya. Digunakan untuk kargo yang memerlukan sirkulasi udara, misalnya saja untuk kargo yang berupa biji kopi.

Thermal Container

Thermal Container adalah Peti kemas yang dilengkapi dengan pengatur suhu. Peti kemas yang termasuk kelompok Thermal adalah :

a.Insulated Container

Peti kemas jenis ini digunakan untuk kargo yang berupa barang yang membutuhkan perlakuan khusus untuk suhunya dengan mempertahankan suhu agar tidak terpengaruh dengan suhu di luar peti kemas.

b. Reefer Container

Peti kemas ini digunakan untuk kargo yang selalu memiliki suhu rendah (dingin) yang terkontrol. Biasanya digunakan untuk pengiriman barang – barang perishable / yang mudah rusak atau busuk seperti daging, ikan, sayur dan buah buahan agar dapat lebih tahan lama.

c. Heated Container

Peti kemas ini digunakan untuk kargo dengan barang-barang yang membutuhkan suhu tinggi, bisa hingga lebih dari 100 derajat celcius. Juga mempunyai kontrol pengaturan suhu.

 

Tank Container

Peti kemas berupa tangki yang ditempatkan dalam kerangka peti kemas yang dipergunakan untuk muatan, baik muatan cair (bulk liquid) maupun gas (bulk gas).

Dry bulk Container

Peti kemas jenis ini digunakan terutama untuk mengangkut muatan dalam bentuk curah (bulk cargo), seperti butiran, bahan pakan, rempah-rempah.

Platform Container adalah Peti kemas yang terdiiri dari lantai dasar. Peti kemas yang termasuk kelompok ini adalah :

a. Flat rack Container

Peti kemas jenis ini digunakan khususnya untuk mengangkut muatan berat ( Alat berat/Heavy lift dan kargo overheight atau overwidth)

b. Platform based Container

Peti kemas jenis ini dipergunakan untuk muatan dengan ukuran lebih besar dan beratnya melebihi standar muatan pada umumnya.

 

Collapsible Container

Peti kemas yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, seperti peti kemas untuk muatan ternak (cattle container) atau muatan kendaraan auto container).

Air Mode Container

Peti kemas yang khusus dibuat dan dipergunakan oleh pesawat terbang yang berbadan besar untuk mengangkut barang-barang penumpang atau air cargo melalui udara.

Nah, semoga info mengenai jenis dan karakteristik container ini bisa memudahkan Anda dalam memilih kontainer berkualitas.


Jual Kontainer Baru, Kontainer Bekas dan Kontainer Modifikasi

Jika Anda mencari tempat untuk beli container baru, bekas dan modifikasi di Jakarta dan Se-Indonesia, ASCON adalah solusi yang tepat! Hubungi tim marketing kami di :

marketing@ascon.co.id
atau telepon di nomor :
0812-8456-4564 , 021-28510873

 

Jual Container Jakarta

ASCON Menjual Container dengan berbagai jenis, tipe dan ukuran untuk keperluan Anda, dalam kondisi yang prima dan dengan harga yang terbaik!

  • Jual Kontainer Baru / brand new container
  • Jual Kontainer Bekar / used container
  • Jual Kontainer Modifikasi

 

Container Modifikasi

ASCON Menjual container modifikasi serta menerima jasa modifikasi container untuk segal kebutuhan

  • Jual Kontainer Kantor / Office Containers
  • Jual Kontainer Gudang / Warehouse Containers
  • Jual Kontainer Rumah / House Containers
  • Jual Kontainer Hottel & Kontainer Villa
  • Jual Kontainer Kafe / Cafe Container
  • Kontainer WC / Toilet Container
  • Kontainer Mess Pekerja / Asrama
  • Kontainer Peternakan / Cattle Container

 

Sewa Container

ASCON menyewakan beragam jenis container bekas dengan kondisi yang terbaik dan termurah

Team Sales Kami Siap Membantu anda
WeCreativez WhatsApp Support
Ascon Sales Executive
Sales 01
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Ascon Sales Executive
Sales 02
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Ascon Sales Executive
Sales 03
Available