);

ASCON Indonesia —  Mempercayakan barang-barang ke dalam kontainer untuk diangkut ke tempat lain bisa gampang-gampang susah. Di satu sisi, Anda butuh mengantarkan muatan Anda agar aman sampai tujuan. Tapi bagaimana jika barang malah rusak karena guncang di jalan? Atau malah muatan Anda terlalu banyak sampai jadi butuh lebih dari satu kontainer?

Tak usah risau. Dengan trik yang tepat, sebenarnya Anda bisa memuat barang-barang Anda dalam satu kontainer secara aman dan anti-goyah. Mau tahu kuncinya? Jangan berhenti baca paparan berikut.

 

Trik Memaksimalkan Penggunaan Kontainer, Anti Rusak

1. Buatlah Perencanaan

Memasukkan barang saja butuh perencanaan? Jangan salah. Bagaimanapun juga, kontainer terdiri dari satu ruang kosong dengan ventilasi seadanya sehingga Anda butuh kehati-hatian yang sama saat Anda mendesain kamar yang akan Anda tinggali.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat perencanaan muatan kontainer. Pertama, pikirkanlah bagaimana barang Anda akan ditata agar tidak goyang selama perjalanan.

Pastikan pula ada spasi yang konsisten antara barang-barang Anda saat memasukkan. Letakkan barang yang besar-besar di bagian bawah, lalu taruh yang kecil-kecil di atasnya. Usahakan agar spasi antar barang serapat mungkin supaya bebannya merata.

 

2) Buatlah Muatan yang Teratur

Langkah kunci dalam mengepak muatan dalam kontainer adalah keteraturan. Sebelum memasukkan barang-barang Anda, seleksi dan atur kotak-kotak Anda berdasarkan ukuran dan berat.

Beri label pada kotak-kotak Anda agar Anda tahu apa yang ada di dalamnya tanpa harus mengintip. Hindari memuat kotak besar yang cuma berisi barang-barang kecil karena hanya akan memboroskan ruang, dan juga mempertinggi risiko barang rusak di dalam sebab guncangan.

 

3) Amankan Kargo Anda

Nah setelah semua muatan sudah dimasukkan, saatnya membuat kargi muatan Anda semakin aman dan rapat.

Jika di antara barang-barang Anda masih ada “spasi”, isilah dengan barang-barang kecil geometris untuk menyekatnya. Barang ini bisa berupa balok kayu, kotak sepatu bekas, bahkan bantal atau gulungan bubble wrap. Setelah itu, coba guncang-guncangkan bawaan Anda. Jika posisinya tidak berubah, selamat, kargo Anda sudah cukup aman.

Dinding kontainer juga dilengkapi dengan cincin-cincin penahan yang bisa Anda balut dengan tali untuk mengikat kargo muatan Anda. Desain ini memang dikhususkan untuk barang-barang yang berat,

 

4) Lengkapi dengan Gembok

Gembok (padlock) yang kuat adalah cara paling gampang untuk memastikan tidak ada yang mengutak-atik bawaan Anda. Banyak tipe gembok yang bisa Anda pilih di pasaran.

Dari tipe shutter hingga passlock, semuanya bisa memastikan barang Anda tetap di tempat bahkan sekalipun harus mengarungi jalanan terjal atau ombak yang sangat besar. Pastikan Anda menyimpan kuncinya baik-baik, ya.

 

5) Lengkapi dengan Alarm

Selama perjalanan, akan ada kemungkinan kontainer Anda diparkir di lokasi-lokasi terpencil. Nah pada saat seperti itu, ada banyak bahaya yang mungkin mengintai.

Jadi, sangat penting untuk melengkapi kontainer Anda dengan alarm. Perangkat ini tidak harus spesial; Anda bisa juga menggunakan alarm yang sama untuk mobil dengan menggunakan teknologi motion detector, sensor, dan TV monitoring.

Jika Anda sudah menerapkan lima cara di atas, yakin, Anda bisa mengangkut barang kargo Anda dengan aman sampai tujuan. Agar semakin yakin, jangan lupa untuk mempercayakan jasa sewa atau beli kontainer Anda di tempat yang pasti tersertifikasi, ya.

× Chat Dengan Marketing Kami ?