);

Jual kontainer modifikasi terbaik — Indonesian bukanlah negara yang sepenuhnya aman akan gempuran bencana alam. Sebab itu, masyarakat yang pintar biasa berpikir panjang dan memilih rumah anti gempa dengan berbagai cara untuk dihuni. Nah, belakangan rumah yang terbuat dari container modifikasi makin menempati hati masyarakat. Benarkah jenis rumah satu ini termasuk anti gempa?

Aman Sebagai Hunian Tempat Tinggal

Rumah atau bangunan berbahan kontainer dijamin aman sebagai hunian tempat tinggal. Pasalnya, sejak awal container memang memiliki kelebihan pada struktur penopangnya yang dirancang kuat untuk membawa barang dengan ukuran jumbo.

Selain itu, peti kemas saat dibuat memang didesain untuk dipasang secara bertumpuk. Itu berarti, penampang bajanya sudah biasa membawa beban sangat berat; bahkan hingga 36 ton.

Sebab itu, bangunan berbahan peti kemas tahan terhadap guncangan atau keretakan akibat gempa. Ini amat berbeda dengan rumah tradisional yang berupa potongan partisi, mudah goyah dan patah bila terkena guncangan. Sebagai bonus, pemilik rumah kontainer juga tak perlu risau bangunannya akan bocor atau dimakan rayap.

Ditengarai Awet Hingga Beberapa Dekade

Jika dirawat dengan baik, bangunan kontainer bisa bertahan hingga 50 tahun lebih. Bangunan dengan kontainer hanya perlu diberi pengecatan ulang tiap lima tahun sekali. Bangunan berbahan peti kemas ini juga tahan terhadap keretakan akibat gempa.

 

Bisa Dimodifikasi Sesuka Hati

Rumah kontainer juga mudah untuk dimodifikasi, karena pemilik tidak harus merobohkan bangunan utama jika ingin menambah ruangan.  Berbeda dengan bangunan konvensional, yang untuk merenovasinya terkadang bidang struktur utama harus dirobohkan. Dalam kasus rumah kontainer, yang perlu Anda lakukan hanya memerlukan penambahan struktur di beberapa bagian tanpa harus merobohkan bangunan.

Keuntungan lainnya adalah, bangunan dari peti kemas ini mudah untuk dipindah. Hemat, praktis, harga terjangkau. Area tanah yang sempit dapat diberi kontainer bisa ditumpuk, dan jadilah hunian impian Anda yang berupa rumah anti gempa.

Kekurangan Rumah Anti Gempa dari Container Modifikasi

Satu hal yang perlu dicatat hanyalah soal penyerapan panas. Pada siang hari yang terik, logam mudah menyerap panas matahari dan meningkatkan suhu ruangan. Untuk itulah bangunan kontainer perlu ditambah dengan insulasi untuk mengurangi efek tersebut.

Rangkaian tambahan yang bisa dipilih untuk container Anda adalah lapisan glaswool. Selain sebagai material untuk meredam suara, glaswool juga memiliki kemampuan untuk meredam panas dari luar. Setelahnya, Anda bebas memberi pelapis gipsum, plywood, atau melamin sesuai dengan kebutuhan konsumen. Bahkan wallpaper.

Tantangan lainnya adalah jalan di depan rumah harus cukup lebar untuk mengangkut dan memasang kontainer di lahan yang disediakan. Ukuran rumah anti gempa ini juga tidak bisa sembarangan.

Pada dasarnya peti kemas memiliki tiga ukuran: 20 feet, 40 feet, dan high cube. Sehingga luas bangunan sebisa mungkin menyesuaikan besar kontainer yang digunakan. Kontainer 20 feet memiliki panjang 6 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,4 meter. Untuk ukuran 40 feet mempunyai panjang 12 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi mencapai 2,6 meter.

Sementara peti kemas high cube atau 45 feet memiliki panjang 13,7 meter, lebar 2,4 meter, dan tinggi 2,9 meter.

Anda tinggal memilih mana ukuran yang paling pas untuk hunian anti gempa dambaan Anda, lalu memilih tempat terpercaya untuk membelinya. Siap?

× Chat Dengan Marketing Kami ?