);

ASCON INDONESIA — Kontainer alias peti kemas memang didesain untuk tahan gempur. Saat dibuat, produsen sudah memperkirakan bahwa kotak baja korten ini memang akan mengarungi tujuh lautan, atau terguncang-guncang di perjalanan bersama truk besar. Fungsinya betul-betul praktis, sehingga penampilannya tidak selalu sedap di mata. Untuk itulah, banyak yang mempertimbangkan penambahan cladding.

Ini terutama sangat populer di antara kancah alih guna container baik untuk gudang maupun kantor. Tapi tak jarang, kontainer barang pun tetap diberi cladding.

Mau tahu apa itu cladding dan serba-serbinya? Baca ulasan kami di bawah ini.

 

Apa itu Cladding untuk Container?

Sederhananya, cladding adalah lapisan material yang ditambahkan di lapisan terluar kontainer Anda. Meskipun cladding bisa menambah daya insulasi (agar bagian dalam kontainer ikut menghangat), fungsi utamanya ada di aspek estetika.

Sebab seperti yang Anda tahu, kegunaan kontainer gini meluas hingga ke modifikasi untuk bangunan kantor, smoking shelter, kebun, bahkan gedung meeting. Sehingga, tampilan kontainer yang apa adanya tanpa penambahan cladding untuk container dirasa kurang memuaskan.

 

Ragam Inspirasi Penambahan Cladding untuk Container

Penambahan cladding amat diminati oleh arsitek dan ahli desain. Pasalnya, Anda benar-benar bisa bebas berkreasi dengan lapisan estetika satu ini. Beberapa jenis cladding yang paling populer adalah hal-hal di bawah ini.

Cladding dari Karet

Yang ini adalah cladding paling populer. Selain cantik, bahan karet memberikan tampilan yang resik dan rapi bagi kontainer Anda. Sifatnya yang tahan air juga membuatnya tahan gempuran hujan dan badai.

 

Cladding dari Bata

Dari batu bata sintetik, cladding semacam ini membuat modifikasi container Anda akan terlihat seperti bangunan konvensional. Ini banyak dipilih oleh para kontraktor yang siap menyulap kontainer Anda menjadi bangunan-bangunan fungsional.

 

Baja Cat

Ini jenis cladding “keras” di mana Anda menambahkan lapisan baja lain untuk kontainer Anda., bedanya bertekstur mulus. Untuk menambahkan hiasan, Anda tinggal memberikan pengecatan ulang atau memberinya lukisan dengan cat waterproof.

 

Cara Penambahan Cladding pada Container

Bagaimana Anda memberikan cladding pada shipping container sangat tergantung pada material yang Anda gunakan. Namun pada dasarnya, yang perlu diperhatikan hanyalah 2 langkah primer di bawah ini:

1) Pengukuran — Ukur kontainer Anda baik-baik. Pastikan bagian bukaannya juga diukur (pintu, jendela, lubang ventilasi, dan lain-lain).

2) Weld brackets – Adalah rangka yang digunakan sebagai spasi Antara material pelapis dan bodi kontainer Anda. Biasanya, ukurannya harus lebih dari 600 mm.

Jika Anda selesai memperhatikan hal-hal di atas, langkah selanjutnya akan mudah. Tapi untuk amannya, sebaiknya Anda mempercayakan penambahan cladding untuk kontainer Anda hanya pada jasa modifikasi container yang terpercaya. Daripada ngotot lalu buang-buang uang, bukan?

× Chat Dengan Marketing Kami ?