);

ASCON Indonesia — Pada umumnya, semua orang tahu ada kemungkinan untuk menanam makanan Anda sendiri. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menumbuhkan bunga-bunga cantik yang bisa membuat mood Anda membaik saat dipandangi. Masalahnya, apalagi jika Anda hidup di kota besar, ada masalah keterbatasan lahan yang membuat Anda tidak bisa bercocok tanam. Jadi, mengapa tidak mempertimbangkan konsep kebun dari kontainer bekas?

Untuk keperluan berkebun sederhana saja, sebenarnya kontainer bekas berukuran 20 feet sudah mencukupi. Kontainer seukuran ini, no modif, biasanya bisa Anda bawa pulang dengan harga 8-14 juta. Jauh lebih murah daripada membangun bangunan dari bata dan kayu.

Ragam Penggunaan Kontainer Bekas untuk Urban Farming

Sederhananya, banyak yang bisa Anda lakukan dengan bentuk kontainer bekas yang memang geometris. Cukup dengan 20 feet saja, Anda bisa mewujudkan impian Anda memiliki hunian swadaya yang bisa memenuhi kebutuhan pangan dan dekorasi bagi seisi rumah.

  1. Greenhouse

Potong bagian sisi kanan kontainer bekas, lalu gantin beberapa bagian atapnya dengan kaca. Tak lupa, tambahkan pintu. Inilah rumah kaca alami bagi Anda yang mendambakan dapat menanam tanaman dari berbagai cuaca dan iklim tanpa terkendala hama. Penuhi bangunan gudang rumah kaca Anda dengan semaian tanaman di pot-pot cantik. Jika sedang merasa kreatif, Anda juga bisa menambahkan kursi dan meja di dalamnya untuk duduk santai!

2. Giant Plantbox

Beberapa tanaman membutuhkan media tanah yang sangat besar. Seperti misalnya pohon buah-buahan layaknya mangga, sawo, atau bahkan padi. Salah satu kendala menanamnya langsung di tanah adalah selain tak punya lahan, bisa jadi akar tanaman yang besar-besar itu kemudian akan merusak lantai.

Jadi, potong kontainer bekas hingga setengah tingginya (Sekitar 3 meter) dan isi dengan media tanam seperti pupuk kandang, tanah, pasir, dan sekam. Ini juga bisa jadi biota alami untuk tanaman sayur dan tomat yang sedia mengisi kulkas Anda setahun penuh!

 

3.  Terrace Shade

Anda yang menyukai tanaman semacam anggrek tentu tahu susahnya menciptakan lingkungan teduh bagi tumbuhan satu ini. Berlaku juga untuk poison ivy, marjoram, basil, juga tanaman bumbu lainnya. Meletakkannya langsung di bawah matahari bisa membuat pertumbuhannya terhambat karena terlalu kering.

Jadi, mengapa tidak memanfaatkan kontainer bekas? Beri ventilasi di bagian atas dan salah satu sisi kontainer, lalu tata pot tanaman Anda di bawahnya. Posisikan agar hanya dikenai matahari pagi dan sore mengikuti arah rumah, ya.

 

Selalu ada jalan untuk Anda yang menginginkan rumah hijau dan asri tanpa harus memakan biaya besar, atau pembangunan yang lama. Nah, sudah siap membeli container bekas Anda hari ini?

× Chat Dengan Marketing Kami ?